Sabtu, 20 Desember 2008

Pulang ke Solo

Laweyan, 2 desember 2008. 20.48
Pas byar sampe rumah eyang aku uda disambut dengan sego liwet yang dibungkus daun pisang 2 porsi lengkap dengan ayam dan sayur labunya hmmm…. Uniknya ada aroma bakaran-nya.. apa yang dibakar ya?? Mungkin sayur labunya dimasak di atas arang kali ya… jadi beda sensasinya sama makan sego liwet di Jakarta. Minumnya pun sudah disiapkan. S.O.P nya juga sama dimana-mana kalau njamu ‘tamu’, yess.. teh manis. Tehnya dituang dalam cangkir keijo-ijoan dengan motif kontemporer, tapi jangan salah.. walau ‘lahiriah’ nya udah modern, ‘batiniah’ nya tetep ‘njawani’, alias muanis tenannn, dalam hal ini saya bukan putri Solo lagi.. akhirnya saya sisihkan setengahnya dan saya tambahin air panas.. wah pass.. sedappp…

Kepergian saya ke Solo kali ini memang lagi ada misi khusus, yaitu mau liat2 batik di Pasar Klewer, Kampung Batik Laweyan dan Kampung Batik Kauman,, katanya batik Solo lagi seger2nya berkembang,, masih hot from the oven :D. Tapi karena krisis ekonomi ini, katanya bahan baku (yang ternyata masih import -hiks) jadi jauh lebih mahal, walhasil, produksi dan pembelian pun anjlog.



Ditemenin sama tante dan pak becak, hari pertama pun saya gunakan dengan menelusuri Kampung Batik Laweyan, walaupun saya uda sering naik becak, tapi lucu juga jalan-jalan kali ini, kaya punya supir pribadi hihiii… Ternyata lumayan juga, ‘lay out’ kampung batik itu seperti ada satu jalan utama panjaang yang kanan kirinya banyak toko-toko batik, tapi kalo kita belok kanan kiri masih ada juga toko2, tapi emang lebih nyempil2, kerennya lagi di tiap belokan ada plang khusus yang menuliskan toko apa aja yang ada didalam ‘sempilan belokan’ itu, bahkan bukan cuma toko batik aja yang ada, sampai ‘rumah2 kuno’ pun dijadikan pusat atraksi. Tapi ada yang saya sayangkan, …. Harganya mahal cuy…. Yah agak jauh lebih mahal dari Pasar Klewer lah… tapi saya pikir ya tak apa juga.. karena disana kan untuk gaet turis asing dan ‘tamu tamu agung’ dari Jakarta… dan rupiah buat mereka sih cincay banget.. kalo kita turis menengah lokal mah ke Klewer aja yuuk… Akhirnya saya ga sempet liat2 lebih jauh, karena puanas buangett, semilir angin di becak rasanya tidak sanggup menangkis sengatan raja siang itu..

Tegalayu, 3 des 08, 06.30
‘Kamu mau sarapan lontong sayur apa brongkos?’ Tanya tanteku jam 6 pagi. Buset, jam segini uda ditawarin makan? .. eum.. b r o n g k o s..? kaya apa tuh… akhirnya ya saya pilih saja si brongkos dengan harapan mendapatkan sajian yang unik dan tidak terlupakan. Kamu tau bagaimana rupa si brongkos ini? Dari namanya sendiri sudah aneh, rebelius, bahkan terkesan nge-bronx dan metal abis.. dan … Jenggreeng! bener juga temans,, tampangnya emang sesuai dengan namanya!


….Yap, hitam legam seperti saya! Hahaha… tapi ternyata rasanya enak lho, bahkan enak banget! gak manis seperti saudara-saudaranya,,, gurih.. agak asin.. ada pedesnya dikit… dengan anggota keluarga telor, nangka, krecek dan kerupuk keriting.. cukup berat untuk sarapan, tapi okelah untuk rasa :D. Lagi-lagi saya dipertemukan dengan teh super manis persis seperti kemarin dan masih dengan gelas yang sama pula. Duh, saya merasa lebih manis 360 derajat hehee..

Tour de Solo kali ini adalah Pasar Klewer dan Kampung Batik Kauman. Saya jadi malu karena sebagai putri (dari) Solo dan hampir tiap lebaran mudik,, tapi tetap saja pasar legendaris ini baru sampai di telinga saja,, baru saat inilah rasanya saya menginjakkan kaki di tanah Klewer, beruntung banget Klewer ini uda seperti home sweet home buat tanteku,, tanpa perlu mblusak-mblusuk kita uda nangkring di kios batik yang bagus-bagus.. akhirnya dapet setelan selendang sarung buat mbak-ku, dua hem buat om-ku dan bed cover buat sohib-ku.. dengan tentengan sebesar itu jadilah posisi saya lucu banget boncengan di motor. Tapi perjalanan menuju Kauman gak jadi karena akhirnya bisa ketemuan sama temennya mama yang ngerti banget seluk beluk batik Solo,, ngobrol ngalor ngidul gak keruan ditemani dengan (lagi-lagi) teh manis.. cukup seru untuk menutup perjalanan hari ini.. dan niatan ke Kauman.. mungkin lain kali saja… beside, Solo still my home.. :D

Tidak ada komentar: